Pengertian Bandwidth Dalam Jaringan Komputer

Pengertian Bandwidth dalam Jaringan Komputer



Apa itu bandwidth? Jika kita seorang yang baru mengenal IT pasti akan sangat asing dengan istilah ini, kadang orang juga menanyakan kenapa internetnya bisa lambat atau mungkin koneksi internet disana lebih cepat, dan lain sebagainya. jawabanya adlah karena banwidth. Bandwidth merupakan perhitungan konsumsi transfer data telekomunikasi yang dihitung dalam satuan bit per detik (bps) yang terjadi antara komputer server dan komputer client dalam waktu tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Maka bisa diartikan pula semakin besar bandwidth dalam jaringan tersebut maka bisa dipastikan akses internet akan lebih cepat.



Fungsi Bandwidth dalam Jaringan

Ada banyak fungsi dari bandwidth dalam jaringan komputer selain hanya sebagai perhitungan konsumsi transfer data. Berikut adlah beberapa fungsi dari Bandwidth dalam jaringan:

1. Bandwidth sebagai media Pengiriman Paket Data

Saat kita menggunakan kabel LAN atau jaringan nirkabel bandwidth akan bekerja sebagai jalur penghubung yang menghubungkan proses transfer data.

2. Bandwidth sebagai Pembatas Kecapatan Transfer

Administrator jaringan menggunakan bandwidth untuk membatasi kecepatan transfer data sehingga dapat menghindari tindak pencurian.

3. Bandwidth sebagai Pembatas Kecepatan Pengiriman Data

Selain sebagai pembatas kecepatan transfer bandwidth juga bisa digunakan untuk membatasi kecepatann pengiriman paket data sehingga jika kita hanya dibatasi 2GB maka ketika kita akan mengirimkan paket data yang melebihi batas yang ditentukan maka pengiriman paket tidak bisa dilanjutkan

Cara Kerja Bandwidth Dalam Jaringan

Bandwidth merupakan bagian yang paling penting dalam pengiriman paket data dlam jaringan, karna semua aktifitas pengiriman baik transfer maupun pengiriman data dapat bekerja karna ada komponen ini. Untuk mengetahui cara kerja dari bandwidth adalah sebagaimana fungsi dari bandwidth sehingga jika bandwidth sebagai pembatas pengiriman paket data maka bandwidth akan membatasi kapasitas maksimal pengiriman paket data dalam jaringan.



Kapasitas bandwidth jaringan komunikasi dapat mempengaruhi kinerja jaringan trsebut, apakah cepat atau lambat. Namun, tentu saja masih ada faktoer lain yang mempengaruhinya, misalnya latency, paket loss, dll. Ketika kita terhubung dengan suatu jaringan, umumnya ada batasan volume akses yang ditetapkan. Semakin besar bandwidth yang diterapkan maka jumlah kapasitas data yang dapat di transfer pun akan semakin besar.

sekian artikel yang saya sampaikan, semoga bermanfaat..
LihatTutupKomentar