Membangun Jaringan RT/RW Net

Membangun Jaringan RT/RW Net merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk peluang bisnis yang memanfaatkan jaringan internet ataupun WiFi. Bisnis seperti ini juga dikenal sebagai bisnis hotspot di mana pengelolanya menjual paket data internet. Peluang bisnis ini memang mudah dibuka siapa saja yang telah memiliki keahlian khusus di bidang instalasi jaringan, alat untuk membuat jaringan WiFi RT/RW Net pun mudah. Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini harus mengetahui terlebih dahulu cara membuat jaringan WiFi RT RW Net dengan Mikrotik.

Apa yang dimaksud dengan Jaringan WiFi RT/RW Net?

Mampu mengakses internet dengan mudah merupakan dambaan setiap orang yang hidup di zaman globalisasi. Internet seolah dapat membantu segala keperluan mereka baik dalam bidang pendidikan bahkan hiburan sekalipun. Namun, tidak semua wilayah bisa mengakses internet semudah itu, oleh karenanya, hadirlah jaringan WiFi RT/RW Net sebagai jawaban atas kebutuhan yang tidak tersalurkan tersebut.

Sumber foto: Topologi Jaringan Rt/Rw

Jaringan wifi RT/RW Net merupakan jaringan internet yang saling terhubung pada sebuah komplek baik itu RT maupun RW. Dengan adanya jaringan WiFi RT/RW Net ini masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut bisa mengakses internet melalui media kabel atau WiFi dan hotspot sebagai sarana komunikasi. Pengadaan jaringan ini juga bisa dijadikan bisnis bagi Anda yang ingin menambah pendapatan. Penggunaan jaringan RT/RW Net ini juga terbilang murah dibandingkan warnet, meskipun demikian Anda tetap akan memperoleh keuntungan dengan biaya pemasangan yang murah meriah. Lebih mudahnya lagi apabila Anda mampu membuat sendiri jaringan wifi RT/RW Net tersebut.

Bagaimana Cara Membuka RT/RW Net?

Bisnis menguntungkan ini sangat cocok dikembangkan pada daerah yang jauh dari perkotaan di mana akses internet masih terbilang mahal dan susah diakses. Seperti yang telah dikatakan pada paragraf sebelumnya bahwa dalam membuat jaringan RT RW NET sangatlah mudah terlebih Anda mau belajar apabila belum memahami caranya. Adapun bahan yang Anda butuhkan untuk membuat jaringan ini adalah sebagai berikut.

  1. Modem TP Link
  2. Mikrotik RB 750
  3. Switch / Hub
  4. Bullet2 (access point)
  5. 2 buah Radio TP Link Tipe WA 5210 (access point)
  6. POE TP Link
  7. Kabel LAN sesuai kebutuhan
  8. Konektor RJ45 merk AMP
  9. Mikrotik Wireless RB 133 (out door)

Peralatan merakit seperti:

  1. Tang
  2. Tang crimping kabel LAN
  3. Obeng
  4. Solasi
  5. Pengikat kawat
  6. Pigtail UFL
  7. Pigtail jumper
  8. LAN Tester
  9. Sektoral
  10. Tiang antena (triangle atau single batang)
LihatTutupKomentar