Apa itu Deface?

Deface adalah kegiatan yang tujuan utamanya untuk merubah tampilah halaman utama pada sebuah website, index file, halaman lainnya. Dan deface secara umum adalah merusak, mengambil, menghapus, dan mengganti halamana utama.

Deface adalah teknik menyisipkan file atau mengganti halaman utama yang terdapat celah pada sistem security yang ada di dalam website tersebut.

Hal ini bertujuan untuk melakukan perubahan tampilan pada website target(korban) dengan tampilan yang sudah dibuat oleh sang defacer. Orang atau pelaku yang melakukan teknik hacking ini disebut Defacer. Para hacker biasanya akan meninggalkan sebuah Nickname si pelaku, Nickname para anggota, dan nama Grub hacker si pelaku agar kinerjanya bisa diketahui oleh semua hacker. Biasanya para hacker akan melakukan deface sebanyak-banyaknya kemudian di arsip dan dipamerkan disebuah web arsip deface. Kegiatan ini biasa disebut Mirror.

Bisa kalian cek disini: Defacer

Biasanya yang sering terkena deface adalah situs website pemerintahan. Kenapa website pemerintah yang sering terkena deface? karena situs website dari pemerintah dikelola sangat buruk dan maintenance-nya juga jelek.

Apa saja yang harus diketahui

  1. Google Dork
  2. Dork merupakan teknik pencarian yang digunakan untuk mencari sebuah result atau hasil yang lebih detail.

    Contoh Dork

    "intitle:"Belajar Deface"

    "inurl:news.php?id= site:fr"

    "inurl:index.php?option=com_fabrik"

    "inurl:news.php?id= site:go.id"

    "inurl:buy.php?id= site:uk

    Dork yang lain bisa kalian kembangkan sendiri.

  3. Exploit
  4. Exploit merupakan proses dimana kita menyerang website dengan memanfaatkan kelemahan pada sistem pada website target (Vulnerability). Sehingga kita mampu masuk ke website target dan menyisipkan Shell Backdoor yang nantinya berfungsi sebagai pengendali pada website.

  5. Shell Backdoor
  6. Shell Backdoor merupakan sebuah kode yang dibuat oleh seorang coders hingga menjadi susunan kode yang mampu dijalankan dan digunakan untuk mempermudah kalian dalam mengendalikan website target.

    Halaman Unduhan

    b374k Shell

    indoxploit Shell

  7. Script Deface
  8. Script Deface merupakan sebuah kode yang dibuat oleh coders atau kalian juga bisa membuat sendiri jika kalian paham bahasa pemrograman. Script Deface inilah senjata terakhir oleh para defacer yang wajib dimiliki. Script Deface yang nantinya akan ditampilkan pada sebuah halaman utama website target atau bisa permanent jika kalian deface dibagian index.php.

    Halaman Unduhan

    Download Disini

    Download Disini

    Download Disini

Contoh website yang terkena deface

Sumber foto: Abpj2018

Artikel yang saya buat diatas adalah bertujuan untuk edukasi dan pengetahuan buat kalian. Artikel ini juga bukanlah artikel yang khusus membahas tutorial bagaimana cara merentas atau deface dengan method tertentu. Melainkan ini adalah artikel yang membahas secara global dan luas bagaimana si perentas atau defacer itu melakukan. Jika kalian ini belajar dan otodidak, dan kalian terkena kasus jangan salahkan kami dari Webbatik, karena itu adalah ulah kalian sendiri dan kalian harus tanggung jawab apa yang kalian perbuat. Sekian Dan Terimakasih.

Baca Juga: 7 Teknik Hacking Berbahaya

LihatTutupKomentar