Apa Itu Virtualbox?

Mungkin bagi kalian yang anak IT pasti sudah mengenal apa itu Oracle VM VirtualBox. Kegunaan dari virtualbox itu adalah mencoba Sistem Operasi tambahan tanpa harus menimpa atau menginstall sistem operasi yang sudah ada sebelumnya. Sebagai contohnya, saya mempunyai sistem operasi Windows 10 yang sudah terpasang di laptop/PC saya, dan saya ingin mencoba menginstall sistem operasi Linux tanpa harus kehilangan sistem atau data yang ada. Disini kalian bisa ngapain saja seperti layaknya sebuah laptop/PC sungguhan seperti: bermain Game, mendengarkan Musik, nonton Video, Hacking(jika kalian menggunakan sistem operasi linux), dan lain-lain.

Tampilan Virtualbox

Pengertian dari VirtualBox

Virtualbox adalah Software gratisan dari Oracle yang fungsinya adalah mem-visualisasikan atau simulasi sebuah Sistem Operasi di dalam sistem operasi utama kita, jadi kalian tidak perlu mempunyai banyak laptop/PC untuk mencoba sistem operasi baru. Sitem Operasi yang bisa kalian jalankan di virtualbox antara lain: Linux, Windows 7, Windows 8, Windows 10, Fedora dan Solaris.

Fungsi Virtualbox

  1. Mencoba Sistem Operasi
  2. Virtualbox dapat menjalankan semua sistem operasi seperti Windows, Linux, atau keturunan Linux lainnya.

  3. Mencoba Simulasi Jaringan
  4. Kalian bisa belajar simulasi bagaimana cara membuat jaringan sendiri, menganalisa Troubleshot jaringan, memanipulasi jaringan, dan lain-lain.

  5. Mencoba Pengujian sebuah Security
  6. Kalian bisa belajar bagaimana sih cara seorang perentas melakukan aksinya. Kalian bisa belajar di Virtualbox dengan menginstall OS Kali Linux, atau kalian mau mencoba membuat server sendiri lalu kalian bisa merentasnya dengan mencari kelemahan tersebut. Untuk Membuat server bisa kalian install Debian Server, Apache Server, Ubuntu Server, dan lain-lain.

Cara Kerja

Jika membahas bagaimana cara kerja virtualbox, sebenarnya kita sedang berbicara tentang cara kerja Mesin Virtual itu sendiri (karena dalam hal ini VirtualBox hanyalah aplikasi yang mengelola Mesin Virtual). Dalam konsep mesin virtual, sistem operasi utama (yang menjalankan VirtualBox) disebut dengan Host OS. Sedangkan sistem operasi tambahan yang berjalan secara virtual disebut dengan Guest OS. Pada Gambar dibawah, kita bisa melihat ilustrasi bagaimana virtual mesin bekerja.

Sumber foto: Phoenixnap.com

Itu semua membuat setiap mesin virtual aman dari mesin virtual yang lain: semisal ada salah satu mesin virtual yang terkena virus, maka mesin virtual yang lain tidak terpengaruh.

Halaman Unduhan: Download Disini
LihatTutupKomentar