Cara Cek Artikel Copas

Apakah kalian tidak merasa jengkel atau emosi ketika tau artikel dari website atau blog kalian di Copy Paste(Copas) oleh orang lain. Pasti kalian merasakannya seperti saya. Jika website atau blog kalian sudah di copas oleh orang lain, maka kalian harus segera mengatasinya supaya website atau blog kalian tidak terkena Duplicate Content oleh Google.

Akibatnya website atau blog kalian akan menjadi buruk di Google dan tidak itu saja, jumlah visitor di website atau blog kalian akan menurun drastis karena dianggap oleh Google bahwa website atau blog kita tidak memiliki kualitas apapun.

Orang yang melakukan copas atau plagiarism tadi tentunya tidak memiliki rasa bersalah sedikitpun. Dan tentunya orang tersebut akan melakukan tindakan yang sama pada artikel berikutnya yang akan dia posting. Namun ada beberapa tips dari saya, untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara kalian bisa melaporkannya ke pihak DMCA agar orang tersebut diberi peringatan dari Google. Sebelum melaporkan tentunya kalian harus memastikan apakah orang tersebut benar-benar melakukan copas atau tidak, jangan kalian asal tuduh begitu saja ya.

Sebenarnya seberapa penting mengetahui bahwa website atau blog kalian copas atau tidak? Mungkin berikut jawaban dari saya, semoga membantu.

  1. Sangat penting sekali, karena ini berkaitan dengan index Google, dimana artikel orisinil-lah yang akan tampil pada One Page in Google.
  2. Jika kalian menggunakan jasa Content Writter untuk mengisikan atau mengetikkan artikel di dalam website atau blog kalian, tentunya sebelum kalian publish wajib kalian cek apakah itu murni karangan dia atau hanya sekedar copas lalu mendapatkan uang dari kalian.
  3. Jika kalian tadinya belum punya website atau blog dan sekarang punya dengan cara membeli bekas dari orang lain, juga cara ini wajib kalian cek apakah artikel tersebut orisinil karangannya atau juga melakukan tindakan copas.

Oke, Untuk mengetahui apakah artikel kalian copas atau tidak caranya cukup mudah dan praktis, sebab banyak website yang menyediakan cek artikel copas dan bisa kalian gunakan untuk cek keaslian artikel atau plagiarism yang tentunya itu gratisan.

  1. Plagiarism Check
  2. Plagiarism check memiliki fitur yang lebih lengkap, selain cek website dan cek artikel. Plagiarism check juga bisa cek tingkat orisinil semua paper, kalian disini bisa upload paper untuk sebagai bukti bahwa artikel kalian adalah yang pertama.

    Link Plagiarism Check: DISINI

  3. Copy Scape
  4. website ini paling banyak digunakan oleh para blogger untuk mengetahui apakah artikel yang ada di dalam website itu lolos atau tidak. Tampilan utama dari copyscape ini sederhana dan simple kalian hanya mengetikkan URL website atau blog kalian disini. Fitur lain dari copyscape ini akan memberikan informasi secara rinci tentang artikel kalian lolos atau tidak, copyscape juga akan memberi tahukan website yang sejenis dengan artikel kalian jika artikel kalian tidak dinyatakan lolos.

    Link Copy Scape: DISINI

  5. Plagiarism Checker
  6. Sedikit berbeda dari sebelumnya yaitu copyscape, di dalam website ini kalian hanya meng-copykan artikel yang ingin kalian periksa. Plagiarism Checker lebih cocok untuk sebuah artikel baru sebelum kalian publish secara resmi di dalam website atau blog kalian.

    Link Plagiarism Checker: DISINI

  7. Article Checker
  8. Article Checker ini cocok buat kalian yang menggunakan jasa Content Writter, sebelum kalian publish di website atau blog lebih baik kalian cek terlebih dahulu artikel yang dibuat oleh dia apakah orisinil atau tidak. Jika kalian cek dan tidak lolos sebaiknya kalian jangan dibayar deh itu orang, udah dipercaya malah artikel yang dibuat malah copas atau plagiat.

    Link Article Checker: DISINI

  9. Small Seo Tools
  10. Dilihat dari namanya saja Small Seo Tools, yang lebih mengedepankan plagiarisme dalam segi SEO. Disini ada beberapa pilihan yaitu: Copas artikel kalian, Upload by document ( .tex, .txt, .doc, .docx, .odt, .pdf, .rtf), atau melalui link website atau blog kalian.

    Link Small Seo Tools: DISINI

Nah, itulah 5 website untuk mengecek keaslian artikel. Kalian tinggal pilih sesuai keinginan kalian dan nyaman menggunakan yang mana itu tergantung dari kalian sendiri. Semangat menulis artikel dan jangan copas atau plagiatisme ya, sebab itu tidak ada manfaatnya buat kalian. Dan kalian harus merasakan bagaimana sih rasanya menciptakan artikel orisinil dari pemikiran otak kalian, jika kalian ingin melakukan copas lebih baik memberikan Copyright atau Sumber dari mana kalian melakukan copas untuk menghormati karya orang lain yang sudah susah payah memikirkan artikel yang dia buat sediri, sedangkan kalian hanya melakukan copas saja. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian, semangat menulis artikel.

LihatTutupKomentar