Belajar Mengetik 10 Jari

Mengetik dengan 10 jari memanglah bukan sebuah kewajiban, yang terpenting disini adalah bagaimana kita bisa mengetik dengan cepat dan benar sehingga pekerjaan kita akan lebih efektif lagi.

Coba deh Anda bayangkan. Jika ada pegawai kantoran, bank, atau yang lain yang berkaitan dengan mengetik. Apa yang ada di pikiran Anda jika mereka mengetiknya lambat? Pastinya semua pekerjaan akan lama juga untuk selesainya ya gak. Dan coba Anda bandingkan sama orang yang mengetiknya cepat dengan 10 jari, yang pasti kerjaan akan lebih cepat terselesaikan.

Oleh sebab itu, teknik mengetik 10 jari ini perlu Anda pelajari. Walaupun Anda baru tau dan terlambat untuk belajar, namun lambat laun Anda akan terbiasa. Untuk Anda yang baru terjun dalam dunia komputer, maka artikel ini sangat cocok sekali. Oke, mari kita simak artikelnya sebagai berikut.

Cara Mengetik Dengan 10 Jari

  1. Perhatikan Posisi Jari
  2. Kebanyakan dari kita memang memiliki latar belakang yang sama dalam belajar komputer, yaitu dengan cara otodidak. Mengetik yang benar yakni dengan 10 jari tidak lepas dari posisi dasari jari tangan kanan dan tangan kiri pada keyboard. Bagaimana kah posisinya yang benar? Coba Anda simak gambar dibawah ini ya.

    Posisi Jari

    Sumber foto: www.typing.academy

    Konsep dasar ini harus Anda pahami, dan inilah posisi awal jari kita.

    • Jari tangan Kiri ditempatkan pada posisi huruf A, S, D, dan F
    • Jari tangan Kanan ditempatkan pada posisi huruf J, K, L, dan ;
    • Sedangkan Ibu jari berada pada posisi tombol Spasi

    Selalu ingat posisi ini yaa, dan anggap saja ini sebagai posisi awalan dan Anda harus kembali ke posisi ini lagi setelah mengetik beberapa kata. Emang tujuannya buat apaan mas? Oke saya jawab, Posisi ini adalah posisi yang menguntungkan buat jari-jemari kita untuk menjangkau lebih banyak tombol secara tepat dan cepat.

    Untuk mempermudah pemahaman Anda, saat jari Anda akan kembali ke posisi awal, coba deh Anda raba dan lihat pada huruf F dan J, ada sedikit tonjolan kan. Jadi tonjolan itulah yang akan membantu Anda kembali ke posisi awal lagi, jari telunjuk Kiri pada huruf F dan jari telunjuk Kanan pada huruf J.

  1. Skema Pergerakan Pada Jari
  2. berikutnya adalah kita akan belajar latihan mengetik 10 jari dengan cara memaksa jari-jari kita bergerak sesuai dengan wilayahnya masing-masing. Diawal artikel kan kita sudah tau tuh bagaimana posisi dasar jari jemari kita saat mengetik. Coba perhatikan gambar dibawah ini gaes.

    Skema Letak Huruf

    Sumber foto: www.typing.academy

  3. Jangan Terburu-buru
  4. Hampir semua orang pastinya ingin memperoleh keberhasilan mengetik dalam waktu cepat. Demikian juga dengan Anda yang sedang dalam masa belajar mengetik dalam 10 jari, pasti rasanya ingin cepat bisa yaa kan.

    Namun, hal ini justru akan membuat Anda akan semakin lebih lama lagi dalam mengetik. Kenapa begitu mas? Sebab keinginan untuk mengetik cepat bisa menjadi rasa terburu-buru muncul. Dan hal ini akan sangat buruk sekali dalam belajar mengetik, entah itu huruf-nya salah, tanda baca salah, dan lain-lain.

  5. Perhatikan Posisi Duduk
  6. Memperhatikan posisi kita saat didepan komputer atau laptop memang tidak secara langsung dapat membuat Anda langsung bisa mengetik 10 jari. Namun perhatikan kesehatan diri kita sendiri, yaitu kesehatan tulang maupun fisik kita. Nah coba deh Anda perhatikan posisi duduk yang benar berikut ini.

    Posisi Duduk

    Sumber foto: www.typing.academy

    Posisi duduk yang tidak benar saat menghadap komputer pasti akan membuat punggung terasa capek akhirnya mood Anda akan hilang dan akhirnya rasa mengetik juga akan menjadi malas.

    Lalu bagaimana sih posisi yang benar? Berikut adalah tipsnya dari kami.

  • Tekuk siku bagian sudut Kanan Anda
  • Usahakan jarak antara pada layar sekitar 45 - 70 cm
  • Posisikan otot lengan, bahu, dan pergelangan tangan Anda se-rileks mungkin
  • Pergelangan tangan Anda bisa menyentuk meja keyboard atau jika Anda menggunakan laptop bisa diletakan pada bagian bawah keyboard
  1. Latihan Mengetik Menggunakan Software
  2. Tips selanjutnya adalah Anda boleh menggunakan software media belajar untuk membantu dalam belajar mengetik cepat. Hal ini juga akan mengurangi rasa kejenuhan dalam belajar mengetik ini.

    Terdapat banyak software untuk belajar mengetik, antara lain typing.com, typingtest.com, typing.academy, dan typingmaster.com. Bisa Anda cari di internet gaes, mau Online atau Offline bebas sesuka hati.

    Biasanya disitu terdapat game, tantangan, adu cepat, dan lainnya untuk mengusir rasa bosan Anda dalam belajar mengetik cepat ini. Nah, Anda bebas memilih mana yang saya sebutkan diatas tadi untuk digunakan.

  3. Jika Merasa Lelah Istirahat
  4. Berlatih tanpa henti bukan merupakan tips yang tepat yaa gaes. Bahkan bisa saja jari Anda akan mengalami cidera bila memaksakan diri untuk belajar terus menerus.

    Jika Anda sudah merasa lelah, Anda boleh untuk beristirahat sejenak, sambil mengembalikkan stamina pada diri kita. Jika sudah lelah, jangan memaksakan yaa gaes :)

Nah gaes, bagaimana sudah mulai mengerti kan alur dalam belajar mengetik cepat ini. Teruslah berlatih dengan sungguh-sungguh pasti hasilnya akan terlampaui kok gaes. Tapi inget, selalu jaga kesehatan mata, fisik, kalian yaa gaes. Jangan sampai kalian sakit gara-gara belajar ngetik.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semuanya, khususnya buat Anda yang lagi belajar mengetik cepat ini, semoga membantu yaa gaes.

LihatTutupKomentar