Instagram Resmi Rilis Fitur Baru

Instagram akhirnya secara resmi meluncurkan fitur baru yang bernama Reels, fitur video pendek yang mirip sama Tiktok. Sebuah fitur video pendek berdurasi singkat untuk para penggunanya di dunia maya, fitur ini pun mirip sekali dengan Tiktok.

Instagram seolah mencoba untuk mencuri perhatian bagi para pengguna video berdurasi pendek, yang sering ditemui di dalam aplikasi Tiktok. Instagram pun juga ingin para pengguna betah untuk berlama-lama berada di dalam aplikasi.

Reels bisa diakses langsung dari kamera Instagram, lalu pilih opsi Reels yang ada di bagian bawah di sebelah Story. Sementara audio bisa dicari melalui musik Instagram. Pengguna juga bisa menggunakan audio buatan sendiri saat merekam Reels.

Baca juga: Siap Jegal TikTok, Instagram Akan Rilis Aplikasi Terbaru

Reels memungkinkan ungguhan pengguna dilihat khalayak, termasuk juga untuk kolom Search. Namun, agar unggahan kamu bisa dilihat oleh orang banyak, kamu harus mengatur Profil ke dalam mode Publik.

Fitur ini diluncurkan setelah ujicoba di Brazil yang dimulai pada November 2019, sebelum akhirnya diperluas ke India dan sebagian negara Eropa pada 2020.

Sayangnya fitur ini sepertinya belum hadir di Indonesia, karena berdasarkan pantauan Webbatik dari update terbaru Instagram baik versi reguler maupun beta.

Membuat Reels

Tampilan fitur Reels di Instagram

Tampilan fitur Reel di Instagram

Pilih Reels di bawah tombol kamera Instagram. Setelah itu Anda pasti akan melihat sejumlah tools pengeditan di bagian kiri layar. tools-tools tersebuat adalah sebagai berikut:

Sumber foto: Instagram

  • Audio
  • Anda juga bisa menggunakan audio yang kamu rekam sendiri secara langsung.

  • AR Effects
  • Sebuah tools dalam Reels yang berisi beragam filter dan effects yang bisa Anda pilih sesuka hati.

  • Timer and Countdown
  • Untuk mengatur timer untuk merekam klip video. Seperti biasa, mode hitung mundur akan muncul untuk memberi penanda perekaman segera dimulai.

  • Align
  • Tools ini untuk membantu membuat transisi yang mulus dari perpindahan klip satu ke yang lain.

  • Speed
  • Fitur ini berfungsi cepat lambat video ata audio. Tools ini berguna untuk membantu tetap berada dalam ritme musik yang dipilih saat merekam.

Di dalam Reels, Anda dapat merekam satu atau lebih klip dalam waktu yang bersamaan, dan Anda pun juga bisa mengunggah video yang sudah ada ke galeri ponsel.

Berbagi Reels

Tampilan fitur Reels di Instagram

Tampilan fitur Reel di Instagram

Anda pun juga bisa membagikan Reels di feed Instagram. Anda pun juga bisa mengatur Reels agar bisa dilihat orang banyak, namun Anda harus mengatur Profil ke dalam mode Publik.

Sumber foto: Instagram

Melihat Reels

Tampilan fitur Reels di Instagram

Tampilan fitur Reel di Instagram

Anda pun juga bisa menyaksikan Reels yang dibuat orang lain pada menu Explore. Anda pun juga bisa saling menberikan komentar, like, dan membagikannya.

Sumber foto: Instagram



Perbedaan terbesar antara TikTok dengan Reels terletak pada ekosistem Instagram. Para pengguna bisa langsung mengirim Reels kepada rekan mereka, sekaligus mengedit video menggunakan filter-filter khusus Instagram. Ditambah dengan fitur-fitur lain yang sudah ada di Instagram membuat pengguna tidak perlu ribet meng-install aplikasi baru.

Bagaimana para penggemar Sosial Media tanah air. Sudah siapkah kalian dengan Update terbaru dari Instagram ini.

LihatTutupKomentar