Aplikasi Boros Kuota Internet

Ponsel Android merupakan perangkat yang sangatlah canggih. Namun dibalik kecanggihannya, tidak bisa terlepas dari yang namanya internet ya kan. Bagi pengguna ponsel kamu pasti tidak asing lagi kan dengan istilah kuota internet. Hal ini dikarenakan kuota data internet dibutuhkan untuk menghasilkan koneksi internet.


Tapi pernahkan kamu? Mengalami kehabisan paket data internet padahal belum lama diisi? Hati-hati bisa jadi itu dikarenakan ada aplikasi yang mengonsumsi banyak data di ponsel kita. Meskipun sedang tidak kamu gunakan sama sekali, aplikasi ini bisa menyedot kuota internet cukup banyak. Eh jadi inget lagunya Denny Caknan nih, "cek paket datane, yen entek tak tukokne" asikk.


Pasti ini yang User WiFi tertawa membaca ini ya kan :) loh kenapa bisa? Iya karena kan WiFi menggunakan paket Unlimited jadi tidak ada habisnya, namun ingat di awal bulan harus bayar tagihan biar internetnya tidak diputus. Oke langsung saja dah ke intinya inti, yaitu tentang aplikasi boros kuota.


Apa sajakah aplikasi yang bikin kuota internet boros? Berikut ulasan lengkapnya.

Aplikasi yang Bikin Boros Kuota

  1. YouTube
  2. Youtube

    Sumber foto: freepik.com


    Kalau aplikasi satu ini pastinya menjadi dalang borosnya kuota ya. Kita semua tahu kalau memutar video di YouTube akan memakan banyak kuota internet. Dilansir dari laman Canstar Blue, memutar video beresolusi 480p selama satu jam akan menghabiskan 264 MB data. Jika resolusi yang dipilih adalah 720p (HD) maka akan menguras 870 MB data dalam sejam sedangkan 1080p (Full HD) akan memakan 1,65 GB data.


    Coba deh kalian simak data berikut yang kami rangkum dibawah.

    Kualitas Video YouTube
    Konsumsi Data Per Jam
    144p
    90MB
    240p
    225MB
    360p
    315MB
    480p
    562.5MB
    720p 30FPS
    1.24GB
    720p 60FPS
    1.86GB
    1080p 30FPS
    2.03GB
    1080p 60FPS
    3.04GB
    1440p (2K) 30FPS
    4.28GB
    1440p (2K) 60FPS
    6.08GB
    2160p (4K) 30FPS
    10.58GB
    2160p (4K) 60FPS
    15.98GB

    Nah, kalian sudah lihat kan berapa banyak data internet yang dihabiskan untuk menonton video YouTube ini. Untuk mencegah agar tidak boros data, buka YouTube lalu ketuk Profile di sudut kanan atas. Setelah itu, pilih Pengaturan > Umum > Batasi Penggunaan Kuota Seluler. Langkah selanjutnya geser tombol menjadi Mode ON dan kita akan melakukan Streaming video HD lewat WiFi saja. Dengan ini, kalian tidak akan menghabiskan banyak data kalian.

  3. Instagram
  4. Instagram

    Aplikasi selanjutnya adalah Instagram. Ya benar, media sosial yang berbasis foto dan video ini tentunya lebih memakan banyak kuota dibandingkan media sosial lainnya, ditambah lagi Instagram ini dilengkapi dengan fitur keren seperti Stories, Live, dan lainnya.


    Data kita habis ketika menonton video di Instagram, entah itu video berdurasi 59 menit, dan IGTV. Akan tetapi Instagram memiliki fitur Preloading video saat memakai data seluler.


    Instagram Setting

    Sumber foto: @abpj77


    Nah untuk cara menghematnya cukup mudah sekali. Buka aplikasi Instagram lalu buka Profil > Pengaturan > Akun > Penggunaan Data Seluler. Lalu aktifkan mode Penghemat Data dan Instagram akan memutar media beresolusi tinggi dengan menggunakan WiFi saja.

  5. Facebook
  6. Facebook

    Mirip seperti Instagram, Facebook juga menampilkan konten berbasis foto dan video yang akan diputar otomatis (autoplay) ketika kalian main Facebook dan membuat paket data kita cepat habis.


    Siapa disini yang masih suka buka Facebook? Meski jarang membuka Facebook, tetapi aplikasi ini bisa menyedot data internet kita. Tenang saja, disini kalian bisa membatasi pemutaran video secara otomatis hanya menggunakan WiFi. Maaf disini saya sudah tidak bermain Facebook lagi, jadi untuk settingannya saya ambil dari sumber internet saja yo.


    Berikut adalah caranya, pertama buka aplikasi Facebook kalian, lalu klik icon tiga garis di bagian kanan atas. Jika sudah, Scroll ke bawah lalu pilih Pengaturan > Pengaturan Akun > Video dan Foto > Autoplay. Jika sudah pilih On WiFi Connections Only atau Never Autoplay Videos.

  7. Twitter
  8. Twitter

    Lagi dan lagi autoplay dalangnya. Konten video di Twitter akan berputar otomatis ketika kalian melihatnya di timeline Twitter. Meskipun Twitter adalah media sosial berbasis teks dan cuitan singkat, kita juga bisa menggunggah foto dan video ke Twitter.


    Nah untuk menghemat data seluler dan mematikan fitur autoplay bisa di praktekkan berikut caranya. Buka aplikasi Twitter dan pilih Pengaturan dan privasi > Pemakaian Data. Nah disini kalian bisa memilih mencentang penghemat data agar video tidak akan diputar otomatis dan kualitas yang akan dimuat akan lebih rendah. Dan kalian bisa mensetting kualitas tinggi dengan menggunakan WiFi atau data seluler.

  9. Spotify
  10. Sumber foto: freepik.com


    Aplikasi ini pemutar musik memang menjadi salah satu favorit banyak semua orang untuk mendengarkan lagu, bahkan beberapa orang sudah ada yang berlangganan fitur Premium demi bisa menikmati musik tanpa adanya gangguan iklan.


    Nah untuk kalian yang ingin hemat data internet, ada cara lain yang bisa akali demi menghemat data, yakni dengan membuat album tersedia secara Offline. Akan tetapi ini bisa dilakukan jika kalian adalah pelanggan Spotify Premium, saran ini dari laman Cnet.

  11. Netflix
  12. Netflix

    Sumber foto: freepik.com


    Nah pasti kalian tau Netflix kan? Dan biasanya kita menonton lewat laptop ataupun PC dengan menggunakan koneksi WiFi. Namun ada kalanya kita ingin pindah ke smartphone, apalagi jika kamu lagi fokus nonton film yang lagi diikuti sambil rebahan ya kan, jujur saja deh.


    Akan tetapi untuk menonton di smartphone, kamu bisa menurunkan kualitas videonya agar tidak boros data internetnya. Caranya adalah dengan buka aplikasi Netflix kalian, lalu ketuk icon tiga garis di bagian kiri atas. Lalu scrool ke bawah dan pilih Pengaturan Aplikasi > Penggunaan Data Seluler. Matikan set otomatis dan pilihlah kualitas streaming sedang atau rendah ketika sedang memakai data seluler.


    Perhatian: kamu bisa menonton 4 jam hanya menghabiskan data seluler sebesar 1 GB saja.

Nah, itulah tadi beberapa aplikasi pemboros data seluler kita. Setelah membaca artikel ini dan sudah tahu cara mengatasinya, mudah-mudahan data seluler kalian tidak boros lagi yo. Dan semoga artikel ini bermanfaat.

LihatTutupKomentar