Mendaftarkan Akun Netacad Dengan Mudah

Kalau Anda saat ini lagi proses belajar Cisco, pastinya Anda membutuhkan Netacad. Kenapa Netacad? Karena Netacad ini berfungsi untuk bisa login ke Cisco Packet Tracer kita nantinya.


Bagi Anda yang masih belum mengetahui apa itu Netacad, Netacad adalah singkatan dari Networking Academy. Netacad ini adalah sebuah program akademi atau portal online learning yang dimiliki oleh Cisco System. Untuk yang mau ikut daftar silahkan bisa kunjungi di halaman netacad.com.


Banyak manfaat atau informasi yang kita dapatkan di dalam akun netacad ini. Contoh manfaatnya yang saya temui adalah bisa mengikuti kursus mulai dari yang free sampai berbayar.


Karena memang ini didedikasikan sebagai portal Online learning, kita bisa menemukan banyak sekali konten gratis di dalam netacad. Atau hanya sekedar membaca Success Story dari para learner yang berasal dari luar negeri.


Nah pada kali ini saya akan membahas kepada Agan semua, bagaimana sih cara masuk atau login ke netacad ini. Jika kalian sudah masuk atau login, kalian bebas mau ngapain saja, mulai dari download Packet Tracer, download file PKA, Events, dan sebagainya.


Disini sering saya temui banyak orang yang gagal untuk mendaftar di netacad, maka dari itu saya buatkan langkah demi langkah demi Agan bisa daftar, silahkan disimak baik-baik yo.

Cara Pertama: Daftar Sendiri

Loh bang, emangnya bisa yo?? Yoi, tapi daftarnya tidak langsung melalui halaman utama netacad. Kenapa? Iya karena nantinya pasti kita akan dialihkan ke page berikutnya yang mengharuskan kita memilih lokasi Training terlebih dahulu.


Intinya sih begini:

  1. Daftar salah satu Courses di netacad
  2. Input alamat Email, lalu konfirmasi

Sudah begitu saja, simpel tanpa adanya jampi-jampi, silahkan dicoba gan. Atau bisa kalian ikuti tahapan lengkap dari saya seperti berikut.


Referensi artikel langkah pertama dari ngonfig.net.

Cara Kedua: Membuat Akun Netacad Melalui Enroll

  1. Silahkan Agan kunjungi dulu halaman netacad.com.
  2. Halaman Utama Netacad
  3. Nah jika sudah masuk halaman utama dari netacad, Agan cari menu Courses lalu drop-down dan cari menu Packet Tracer.
  4. Cisco Pilih
  5. Jika sudah masuk ke halaman Courses > Cisco Packet Tracer Agan scroll kebawah saja. Nah ini adalah tampilan dari menu tadi.
  6. Halaman Courses Packet Tracer
  7. Nah lanjut, scroll aja kebawah sampai ketemu 2 menu ini, Intro to Packet Tracer dan Intro to Packet Tracer Mobile. Agan klik saja menu Intro to Packet Tracer.
  8. Scroll Bawah Pilih
  9. Nah ini adalah halaman Courses > Packet Tracer Courses > Intro to Packet Tracer, agan scroll kebawah saja. Berikut ini adalah tampilan dari menu tadi.
  10. Tampilan Intro To Packet Tracer
  11. Nah jika kalian sudah scroll kebawah, Agan cari menu Sign up today!, lalu Agan klik English.
  12. Sign up today
  13. Jika sudah masuk ke halaman Self-Enroll: Introduction to Packet Tracer English 0920, nantinya akan disuruh untuk mengisi data diri kita, yaitu ada di bagian Enroll Now.
  14. Tampilan Data Isi
  15. Nah jika sudah masuk ke halaman diatas tadi, Agan isi data diri kalian. Lalu jika kalian sudah mengisi data diri kalian, kalian juga isi pada bagian (Captcha), kalian bisa pertambahan kan? Oh iya saya lupa, kalian centang pada bagian I certify that I am 13 years or older (16 years or older if I reside in a European country). Jika sudah semua, kalian klik Submit. Berikut ini adalah gambarannya.
  16. Isi Data Diri
  17. Maka akun Agan sudah jadi, silahkan di cek dulu apakah sudah benar data-data tersebut. Nah nantinya juga akan ada Notif untuk memverification Email, silahkan cek Email Agan.
  18. Lalu kalian cek Email, dan Verifikasi Email tersebut.
  19. Cek Email Verif
  20. Nah nantinya kalian akan disuruh LOGIN, dan sepertinya tadi saya belum bahas password-nya yo, lupa. Soalnya ini akun sudah saya buat dari tahun 2019 gan, jadi maaf yo. Oh yo, kalian bisa klik Forgot Password? saja gan, nanti saya buatkan deh lebih lengkap lagi.
  21. Login Cisco
  22. Nah jika Agan sudah berhasil login, maka tampilannya akan seperti ini. Sampai sini berarti Agan sudah sukses membuat account netacad. Maaf saya ambil gambarnya sebagian saja, karena separuhnya lagi lebih ke privasi.
  23. Tampilan Login
  24. Oke, saya balik lagi nih ke langkah 11 tadi dengan masalah Forgot Password. Disini akan saya bahas selengkap mungkin demi Agan tercinta. Silahkan diikuti gan.
  25. Oke. Agan klik saja tuh Forgot Password-nya, dan nantinya akan ada tampilan seperti berikut. Intinya nanti akan dikirimi Code Verifikasi dan akan masuk ke Email kita lagi nih, silahkan di praktekkan langsung gan. Nah Agan klik saja tuh Via Email.
  26. Verify Your Identity
  27. Jika sudah klik via email tadi, maka tampilannya seperti dibawah ini. Silahkan Agan cek Email dulu, untuk memasukkan code verification-nya. Jika sudah memasukkan kode verifikasinya, lalu klik Submit.
  28. Code Sent
  29. Nah jika sudah mengisi kodenya, maka kita akan disuruh membuat password baru lagi, silahkan diingat. Buat passwordnya berkarakter, mulai dari huruf besar/kecil, simbol, angka, dan sebagainya. Jika sudah diisi passwordnya, silahkan klik Update.
  30. Reset Password
  31. Jika sudah klik update tadi, kalian pasti akan dialihkan lagi dan ini adalah tampilannya. Silahkan Agan klik Sign In.
  32. Password Update
  33. Silahkan kalian masukkan password yang sudah kita buat tadi, masih ingat kan? Jika sukses berhasil login berarti account netacad Agan juga sudah jadi. Nah jika ada yang kurang, silahkan Agan baca-baca kembali langkah-langkah diatas, siapa tahu ada yang terlewat. Jika tidak ada berarti aman terkendali.

Nah itulah tadi beberapa cara mendaftar akun netacad. Sekarang Agan sudah bisa login Packet Tracer tanpa menggunakan account guest. Agan juga bisa men-download installer Packet Tracer dari menu Resource, nanti akan saya buatkan artikelnya dilain waktu.


Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat buat kalian yang lagi mencari ini artikel. Dan semoga sukses.

LihatTutupKomentar