Cara Menambahkan Font Di Linux Ubuntu

Font merupakan kebutuhan dasar yang paling penting dalam pembuatan dokumen, pengetikan, design, dan lain-lain. Nah muncul banyak pertanyaan dibenak para pengguna Linux yang baru migrasi, kok font-nya seperti ini saja sih? gak ada yang lain🤔


Namun bisa dibilang default dari ubuntunya itu bisa dibilang sedikit dan tidak terlalu banyak opsi pilihan. Nah kita juga bisa loh menambahkan font sesuka kita, dan caranya juga cukup mudah dilakukan. Apalagi buat kalian yang bekerja sebagai Design Grafis maupun Web Design, pasti memerlukan font yang bagus buat para client-nya kan? Masa iya mau pake default dari ubuntu😁


Nah buat kalian yang bosan dengan font default dari Ubuntu? Bisa dibaca sampai akhir artikel ini, nantinya akan saya tuliskan tutorial lengkapnya buat kalian.

Untuk yang mau cari font bisa di cari sendiri ya, karena banyak pilihan, jadi sesuaikan kata hati kalian sendiri.

Cara Install Font Di Ubuntu

Di artikel kali ini saya bahas lengkap mulai dari proses Download hingga instalasinya. Berikut tutorialnya.


  1. Yang pertama kalian cari dulu font idaman kalian, lalu masuk ke direktori Downloads. Sebagai contohnya ini adalah font pilihan saya yaitu STFangsong.
  2. Direktori Downloads
  3. Lalu buka direktori baru satu lagi dan biasanya akan otomatis masuk ke direktori Home. Cara ini bertujuan untuk copy-paste atau drag and drop file nantinya. Berikut adalah contoh sekrin sutnya.
  4. Folder Baru
  5. Buatlah folder baru yang bernama .fonts di dalam direktori Home. Berikut adalah contoh gambarannya.
  6. Buat Folder Baru

    Perhatian: perlu diketahui bahwa semua folder yang berawalan tanda titik (.) seperti pada gambar diatas akan membuat sebuah folder tersebut tersembunyi.

  7. Karena disini sebelumnya sudah saya buat, maka folder tersebut tidak ada dan tersembunyi seperti yang saya sebutkan diatas.
  8. Kosong
  9. Jika sudah membuat folder baru yang bernama .fonts tadi, lalu kalian bisa co-pas file tersebut atau drag and drop file. Berikut adalah gambarannya.
  10. Copas File
  11. Nah harap diperhatikan nih. Jika folder .fonts tadi menghilang, tenang jangan panik. Kalian bisa kok mengakses kembali dengan cara tekan tombol pada keyboard CTRL + L dan hasilnya seperti gambar dibawah ini. Atau kalian juga bisa dengan cara lain yang lebih cepat yaitu tekan tombol CTRL + H pada keyboard.
  12. Cari Folder

Itu dia cara install font di ubuntu. Gampang bukan??


Lalu langkah selanjutnya pasti kalian juga mau menggunakan font tersebut kan?


Oke lanjut ke tutorialnya..

  1. Untuk tahap ini adalah cara untuk font tersebut bisa dijalankan di semua aplikasi yang ada. Langkah pertama kalian tinggal buka Terminal, lalu masukkan perintah berikut fc-cache -f -v. Lalu tekan enter.
  2. Tunggu hingga prosesnya selesai.. Tingkat kesabaran kalian akan diuji disini😁
  3. Konfig Perintah
  4. Lalu untuk mengecek apakah font tadi sudah bisa dipakai atau belum. Bisa cek buka LibreOffice Writer. Lalu seperti biasa kalian ketikkan sesuatu bebas di lembar kerja kosong, terus cari font tadi di menu Font Name. Nah karena tadi font pilihan saya itu STFangsong maka disini akan terdeteksi font tersebut.
  5. Cek Font

Nah itu dia gaes, cara install font dan konfigurasi font tersebut di OS Ubuntu. Bagaimana dengan kalian? Apakah berhasil melakukannya?


Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian semua. Jangan untuk selalu kunjungi situs web blog kami ya gaes. Atau bisa juga kunjungi akun fanspage kami Celcios Media untuk update tentang dunia teknologi dan informasi.

LihatTutupKomentar