Mengenal Apa Itu Mikhmon Dan Fungsi Kegunaannya

Kemajuan teknologi semakin kesini semakin maju dan semakin mengharuskan kita berinpirasi mencari usaha apapun itu, ambil contohnya seperti usaha internet kecil-kecilan agar bisa memenuhi kebutuhan para user.


Ya... Hotspot WiFi adalah salah satu sumber usaha kecil-kecilan yang bergerak di bidang teknologi dan internet. Apalagi tentunya para user menginginkan update informasi dengan cepat melalui ponselnya, ada yang main game untuk menghilangkan rasa bosen, Youtube sebagai media hiburan, dan lain sebagainya.


Mikrotik adalah alat yang wajib agan pakai dalam menjalankan usaha hotspot voucheran ini. Untuk setting menjadi hotspot voucheran ini cukup mudah sekali. Namun akan sangat sulit bagi orang awam teknologi untuk mempelajarinya apalagi harus setting userman, setting radius, dan lainnya. Sebenarnya mikrotik sendiri sudah menyiapkan aplikasi yang hampir sama dengan mikhmon yaitu userman namun user active session tidak sebesar user active session Hotspot login.


Jika agan mau mencoba user active session ini harus menggunakan produk mikrotik routerOS level 6. Namun jika agan mempunyai mikrotik versi hAP belum support userman. Bisa kalian lihat gambar tabel license berikut.


Lisence RouterOS

Namun ada aplikasi manajemen mikrotik yang cukup simpel buatan anak bangsa apalagi ini gratis yaitu namanya Mikhmon.


Lalu apa sih Mikhmon itu ? Dan fungsi lengkapnya buat apaan ? Oke saya jelaskan terlebih dahulu. Mikhmon adalah singkatan dari Mikrotik Hotspot Monitor yang merupakan sebuah aplikasi berbasis web mikrotik API PHP class untuk membantu kita untuk me-manajemen hotspot mikrotik nantinya.


Halaman Utama

Sumber Foto: Laksa19


Mikhmon bukanlah satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan untuk me-manajemen user list hotspot kita, kita pun juga bisa menggunakan aplikasi lain atau malah tanpa menggunakan aplikasi sekalipun. Alasan saya memakai dan membahas mikhmon ini adalah karena banyaknya penyedia layanan hotspot area yang menggunakan ini, contohnya saja @wifi.id. Dan pastinya cepat dan tidak merepotkan kita sendiri dalam mengaturnya.


Coba agan simak gambar dibawah ini, dan pahami strukturnya. Jika diperhatikkan keduanya terlihat sama, akan tetapi secara teknis dan sistem kerjanya berbeda loh.


Penjelasan Gambar

Penjelasan gambar:

Userman adalah radius server yang digunakan oleh fitur hotspot di mikrotik untuk melakukan authentifikasi terhadap user yang akan konek di hotspot agan nanti. Nah di dalam radius server inilah terdapat database untuk menampung users hotspotnya, ketika ada user yang ingin konek ke WiFi hotspot kita maka akan diverifikasi oleh radius server dan dicocokkan apakah username dan password yang diinputkan itu cocok atau tidak.


Mikhmon ini hanyalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk memudahkan pengguna untuk mengelola tabel user list, profile hotspot, remove user hotspot, edit source code template hotspot, dan fitur lainnya. Yang perlu diingat, mikhmon hanya untuk me-manage fitur hotspot saja loh ya.. Bukan setting dari awal sampai akhir.


Inilah mengapa mikhmon ini tidak harus selalu online 24 jam dan bisa diinstall dimanapun. Entah itu Windows, Linux, Android, maupun Openwrt. Selain itu Mikhmon juga bisa diupload ke hosting atau VPS.


Apa saja fitur-fitur yang ada pada mikhmon, berikut fitur lengkapnya.


Fitur Mikhmon
Multi Platform - Windows
- GNU/Linux
- Android
- OpenWrt
User Hotspot Aktif Berdasarkan profil maupun keseluruhan
User Profile - Add, Edit, Remove
- Validity, Grace, Periode
Mode Expired - Remove(user akan dihapus setelah masa aktifnya sudah habis)
- Notice(user akan diberikan notifikasi setelah masa aktif habis)
- Remove dan record
User Hotspot - Add
- Edit
- Remove
- Enable
- Disable
- Filter
Add dan Generate - Add custom user
- Generate Username & Password
- Generate Username = Password
- Prefix
- Pilihan Huruf
- Max generate 500
Cetak - Voucher + Code QR
- Custom Template Voucheran
Data Data penjualan

Jika agan berminat dan mau mencoba praktek mikhmon bisa unduh langsung ditempatnya. Nanti saya kasih link redirect ke situs tersebut.


Download Mikhmon V3


Nah untuk pertemuan berikutnya saya akan membahas tentang cara setting mikhmon ini di mikrotik RB941-2nD dari awal setting winbox, konek ke internet, hingga pembuatan voucheran. Jadi selalu cek situs web blog ini ya.

LihatTutupKomentar