Tips Memilih Laptop Untuk Mahasiswa

Laptop merupakan komputer yang memiliki fisik ramping dan dapat dibawa kemana-kemana, singkatnya laptop adalah komputer versi praktis. kemajuan teknologi menuntut semua lini untuk mengikuti perkembangan yang ada tak terkecuali lembaga pendidikan, sebisa mungkin siswa siswi mulai dari jenjang SD, SMP, SMA, dan mahasiswa dapat melek teknologi sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menciptakan teknologi-teknologi baru berbasis komputer.


Sumber foto: Unsplash.com


Bagi mahasiswa, laptop dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer, karena sebagian besar tugas-tugas mahasiswa dikerjakan menggunakan laptop. Banyaknya tugas yang harus dikerjakan mahasiswa menyebabkan otak menjadi penat dan membutuhkan hiburan. Laptop dapat menjadi salah satu solusi untuk menghibur diri, seperti berinternet ria, mendengarkan musik, menonton film, dan sebagainya.


Umumnya laptop favorit mahasiswa adalah laptop yang ringan, spesifikasi mumpuni dan harga yang ramah di kantong. Bagi kamu mahasiswa baru yang belum memiliki laptop dan berkeinginan membelinya, ada beberapa tips memilih laptop untuk mahasiswa yang sesuai kebutuhan.


  1. Sesuaikan dengan Budget
  2. Hal pertama yang kamu lakukan sebelum membeli laptop adalah mencari informasi terlebih dahulu laptop apa saja yang sesui dengan budgetmu, setelah itu pertimbangkan spesifikasi-spesifikasi laptop yang telah disaring tadi. Biasanya mahasiswa memerlukan laptop untuk mengetik tugas, membuat slide power point, atau menjalankan software yang dibutuhkan. Laptop dengan kisaran harga tiga hingga empat jutaan biasanya sudah cukup bagus untuk mengerjakan tugas.

  3. Pilih spesifikasi sesuai kebutuhan
  4. Dalam memilih laptop usahakan sesuai dengan kebutuhan, karena biasanya mahasiswa jurusa tertentu membutuhkan spesifikasi laptop yang lebih dari segi RAM, prosesor, VGA, display, maupun kartu grafis. Contohnya mahasiswa jurusan teknik membutuhkan spesifikasi laptop yang memiliki kartu VGA dan RAM yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan mahasiswa teknik akan sering mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan ruang memori lebih, seperti solidworks, editing, SAP, 3D Max, dan lain-lain.

  5. Memilih Laptop yang Pre-installed Windows
  6. Tips memilih laptop selanjutnya adalah, pre-installed windows. Hal ini menjadi sangat penting agar mahasiswa dapat langsung menggunakan laptop untuk mengerjakan tugas tanpa harus mencari tempat instalasi windows terlebih dahulu. Hindari menginstal windows bajakan karena sangat beresiko baik dari segi keamanan yang terancam juga kemungkinan fitur-fitur tidak dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.

  7. Pilih Laptop Bergaransi
  8. Keuntungan membeli laptop yang bergaransi adalah ketika laptop bermasalah dan masih pada waktu yang digaransikan, kita dapat membawanya ke tempat kita membeli laptop untuk diperbaiki secara gratis. Biasanya penjual laptop yang memberi garansi adalah distributor resminya. Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih empat unuk membeli laptop.

  9. Design Fisik Laptop
  10. Bicara mengenai design laptop berkaitan dengan selera masing-masing. Jika tidak ingin tas terasa berat karena laptop yang berukuran besar maka pilihlah laptop yang berukuran kecil dan ringan serta style yang disukai. Namun jika lebih suka menonton film secara jelas dan puas maka sebaiknya pilih laptop yang memiliki layar lebih lebar namun dengan design yang tipis agar tidak terlalu berat membawanya kemana-mana.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli laptop, semoga artikel tips memilih laptop untuk mahasiswa ini dapat menjadi referensi bagi kamu dalam menemukan laptop impian.

LihatTutupKomentar