Cara Ganti Kata Sandi Google

Google merupakan sebuah perusahaan besar Multinasional dari Amerika Serikat yang khusus dalam bidang jasa dan juga internet. Sebagai perusahaan multinasional terbesar milik Amerika Serikat ini tentunya sudah memiliki sistem keamanan yang sangat canggih, akan tetapi ada beberapa alasan juga kenapa banyak orang-orang yang ingin menyetel ulang kata sandi Gmail atau akun Google mereka.


Mengganti kata sandi ini biasanya di karenakan beberapa faktor. Faktor utamanya adalah kita sering lupa kata sandi atau mungkin hanya sekedar ingin menggantinya agar akun kita menjadi lebih aman. Mengganti password Gmail perlu Anda lakukan secara rutin dan berkala untuk menghindari serangan hacking dari tangan orang yang tidak bertanggung jawab.


Apalagi jika Anda menggunakan password yang sederhana, karakter angka, dan mengandung unsur pribadi, pastinya akan mudah ditebak oleh mereka hacker. Cara tersebut memang akan membuat akun Gmail Anda mudah diingat, akan tetapi dampak negatifnya adalah password yang Anda miliki akan mudah ditebak oleh hacker. Oleh karena itu Anda perlu mengganti password akun Gmail secara berkala guna memastikan keamanan akun Anda sendiri nantinya.


Dan perlu diketahui juga, jika ingin mengganti password akun Google maka secara otomatis akun-akun dari produk Google lainnya akan terganti juga seperti Youtube, Google Drive, Google Maps, dan lain-lain. Maka dari itu, jika Anda sudah mengganti password, maka Anda harus Login menggunakan kata sandi terbaru yang telah Anda ubah untuk bisa masuk ke akun lainnya seperti yang telah kita sebutkan diatas.


Berikut ulasan singkat mengenai cara ganti kata sandi akun Google dengan mudah dan tanpa ribet ini.


Cara Ganti Password Gmail

Untuk mengubah password Gmail, tahapan pertama adalah Anda harus memiliki akses akun Gmail berupa alamat Email yang masih aktif. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.


  1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuka browser melalui perangkat yang anda gunakan. Masukkan keyword accounts.google.com.
  2. Login Akun
  3. Masukkan alamat Email Anda. Apabila Anda lupa kata sandi, bisa Anda pilih tulisan lupa password atau kata sandi yang terletak di samping kolom button login atau berikutnya.
  4. Lupa Password
  5. Kemudian klik tombol berikutnya dan masukkan kembali password lama atau terakhir yang pernah Anda gunakan. Kata sandi terakhir yang saya maksud disini adalah password yang pernah anda gunakan terakhir kali layaknya Anda login Gmail dulu.
  6. Kata Sandi Terakhir
  7. Selanjutnya tinggal ikuti saja proses yang diberikan oleh Google sampai selesai. Untuk tahapan ini bisa Anda cek di ponsel atau handphone masing-masing. Cek apakah ada notifikasi atau tidak.

  8. Jika ada.. Maka Anda bisa konfirmasi bahwa itu adalah Anda. Bisa kalian klik saja button Ya, itu saya.

  9. Jika sudah, Anda tinggal mencocokkan angka yang di HP dengan yang ada perintah nomor 4 tadi. Karena tadi perintah sebelumnya nomor 32 maka disini saya tinggal memilih angka 32.

  10. Jika sudah mengikuti prosedur yang diberikan oleh google, maka Anda akan melihat tab baru. Silahkan tinggal Anda buat kembali password Anda. Buat password yang kuat dan gunakankan-lah minimal 8 karakter. Anda perlu memasukkan password 2x untuk konfirmasi.

  11. Kini proses ganti password Gmail telah selesai dilakukan. Nah, untuk melakukan pengecekan silahkan lakukan Login di browser yang berbeda atau bisa menggunakan Mode Incognito untuk mengetahui apakah password yang kita setting sebelumnya sudah di ubah atau belum.

Bagaimana? Cara Ganti Password Gmail sangatlah mudah bukan? Bahkan saking mudahnya, langkah diatas tadi bisa anda lakukan dalam waktu kurang lebih lima menitan.


Kemudahan ini sungguh membantu anda untuk mengganti password gmail secara teratur. Meski terdengar merepotkan bagi anda, mengganti password secara rutin akan membantu anda mengurangi resiko keamanan dan kejahatan cyber. Entah itu yang bentuknya peretasan, hacking, ataupun pencurian data pribadi.


Maka dari itu, disini saya akan memberikan sedikit tips membuat password gmail yang baru. Semoga dengan tips kecil ini, Anda bisa membuat password yang kuat dan sulit ditebak oleh hacker yang tidak bertanggung jawab.


  1. Buatlah password yang panjang minimal 8 karakter. Misalnya, sandaljepit.
  2. Buatlah password dari beberapa gabungan kata yang sulit ditebak. Misalnya, sandaljepitku_ooy.
  3. Padukan dengan karakter angka, simbol, kombinasi huruf kapital, maupun kecil. Misalnya, saNd@l*#j3p1TTku_0Oy.
  4. Hindari membuat password yang mengandung unsur pribadi. Contohnya nama anda, nama keluarga, hobi, tanggal lahir, hobi, tanggal lahir, atau hal lainnya.

Sekilas beberapa tips tadi sedikit mudah untuk di praktikkan. Tapi tetap saja merepotkan, iya kan. Dengan panjangnya password dan rumitnya password yang kita bikin pasti akan membuat kita lupa. Apalagi jika anda perlu mengingat banyak sekali password untuk semua akun yang berbeda-beda. Makin pusing gak tuh.


Nah itu dia gaes, cara mengganti password Gmail yang tidaklah begitu sulit dan pastinya Anda hanya memerlukan beberapa langkah saja dalam hitungan menit.


Cek kembali password baru anda, apakah telah menggunakan kombinasi angka, simbol, dan huruf kapital/kecil ya. Dan jangan lupakan juga bahwa dilarang memasukkan elemen informasi personal dan memakai password yang sama di akun-akun lain. Dengan begitu, akun kita akan lebih aman tentunya dari serangan para hacker di luar sana.


LihatTutupKomentar