Belajar Cara Menghilangkan Suara di Video menggunakan Premier Pro

Terkadang kita sadar dan ingin video yang kita buat itu bagus dan berkualitas. Maka kita sebagai editor berfikir “gimana sih cara menghilangkan suara dan menggantikan suara lain?”. Mungkin beberapa alasan karena sedang membuat Klip Video atau bahkan menambahkan backsound music lain pada video kalian. Nah untuk seorang professional pastinya sudah mengetahui cara ini, namun bagaimana jika mereka yang baru terjun ke dunia editing. Pasti bingung dan mencari tau caranya.


Ada beberapa cara mudah yang bisa kalian gunakan untuk menghilangkan suara di video. Salah satunya adalah aplikasi yang sangat mudah digunakan untuk menghilangkan suara dari video yaitu Adobe Premiere Pro.


Nah saya sebagai penulis sedikit memberikan tips tutorialnya buat kalian, silahkan dibaca dan dipraktekkan langsung ya.


Cara Menghilangkan Suara di Video Menggunakan Adobe Premiere Pro

Sedikit berkenalan dengan Adobe Premiere Pro. Apa sih Adobe Premiere Pro itu? Adobe Premiere Pro adalah perangkat lunak pengeditan video professional yang merupakan bagian dari Adobe Creative Suite. Perangkat lunak ini memungkinkan para pengguna untuk mengedit segala sesuatu hingga karya mulai dari vlog, video pembelajaran, iklan, film, dan lain-lain. Adobe Premiere Pro ini menyediakan ratusan alat untuk video maupun audio, alatnya terdiri dari segala sesuatu yang dibutuhkan oleh para pengguna mulai dari perintah sederhana (selection tools, zoom tools, pen tools, dll), efek animasi, sound, dan lainnya.


Oke untuk pengenalan mungkin sudah cukup ya. Buat kalian yang belum mempunyai Adobe Premiere Pro bisa kalian download sendiri ya, nanti kembali lagi ke blog ini untuk belajar :)


Nah pada saat kita mau mengimport video ke project Adobe Premiere maka audio video tersebut secara otomatis ikut ter-import ke dalam projek, namun berada di timeline yang berbeda ya.


Walaupun posisi timeline berbeda. Namun audio tersebut tidak akan bisa langsung anda hapus begitu saja loh ya. Dulu waktu saya terjun bermain Adobe Premiere ini saya mengira bahwa audio ini tidak bisa dihapus, alhasil saya biarkan saja dan pada bagian Toggle Track Output saya disable agar audio-nya tidak ikut keluar ketika di export.


Namun cara seperti itu tentunya saya tidak untuk ditiru dan dianjurkan ya. Karena audio berada di dalam projek ketika saat mau di export ya secara otomatis audio itu akan ikutan kena export juga. Dan ini menyebabkan file video tersebut menjadi besar dan butuh waktu export yang lama.


Nah cara saya untuk menghilangkan suara di Adobe Premiere adalah seperti berikut.


  1. Buka dan jalankan aplikasi Adobe Premiere yang ada di PC atau laptop kalian
  2. Jika sudah pilih New Project, lalu beri nama project tersebut, penamaan terserah kalian ya. Kemudian atur juga tempat penyimpanan dan ukuran video yang akan dibuat di project tersebut nantinya.
  3. Import video kalian ke dalam project Adobe. Untuk caranya gampang, tinggal di tarik file asli ke dalam project Adobe-nya. Jika sudah kalian masukkan video tersebut ke dalam TimeLine Windows. Apa itu TimeLine? TimeLine adalah tempat untuk menyusun atau mengedit video atau audio yang akan dibuat dan akan di render atau export. Lalu bagaimana caranya memasukkan kesitu? Caranya sama kok seperti tadi. Tinggal ditarik saja videonya dan arahkan kursor ke TimeLine.
  4. Import Video
  5. Selanjutnya klik kanan Mouse pada bagian Audio lalu pilih menu Unlink
  6. Hapus Audio
  7. Jika sudah tinggal tekan tombol Delete pada Keyboard
  8. Hasil Delete Audio
  9. Langkah selanjutnya tinggal disesuaikan saja se-kreatif kalian. Mau dikasih efek animasi, cinematic, ditambah video lain, silahkan disesuaikan dengan kebutuhan saja.

  10. Jika dirasa menurut kalian merasa sudah cukup bisa langsung di export. Belum tau cara export? Caranya tinggal cari File letaknya ada dipojok atas, lalu cari Export lalu klik Media... Atau lebih mudahnya dengan menekan tombol CTRL+M pada keyboard.
  11. Belajar Export
  12. Nah untuk bagian ini tinggal disesuaikan saja. Mulai dari format, nama video, letak penyimpanan video, Quality video, dan lainnya. Jika dirasa sudah semua tinggal klik button Export dibawah. Tinggal tunggu saja proses rendering-nya saja. Untuk proses ini biasanya lama.. bisa ditinggal tidur dulu, makan, atau ngeGame ya.

Bagaimana? sudah bisa kan. Jika belum dan masih bingung silahkan bisa tanya kami di Celcios.Media. Jangan lupa di follow yak.


Semoga artikel cara menghilangkan suara di Adobe Premiere Pro ini bermanfaat ya.

LihatTutupKomentar